Kamis, 11 April 2013

REALITA dan Pengabdian ILP2MI


REALITA dan Pengabdian ILP2MI

Realita merupakan salah satu program kerja departemen pengabdian masyarakat ILP2MI yang dilaksanakan oleh UKM Pelita Universitas Jember, kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 1-6 April 2013 yag dihadiri oleh 25 UKM Penelitian dan Penalaran seIndonesia yang dilaksanakan di Dusun Lengkong Desa Sucopangepok Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember. Peserta yang hadir berasal dari UNP, UNAND, UNS, UNM, UNHAS, UNAIR, UNY, UNJ, UNISMUH Makassar, UIN Maliki Malang, UNNES, UB, Universitas Riau, ISI Yogyakarta, UGM, UNG, STIK An-Nuqayah, UMY, UNIKAMA, UNDIP, UNTAD, UNSUAGATI, UNILA, UNSOED dan UNEJ. 

Kegiatan ini merupakan program rutin tahunan ILP2MI dengan melaksanakan program pengaplikasian hasil riset dan pengabdian di desa tersebut. Dengan tujuan:
1.    Masyarakat desa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelolah potensi lokal menjadi produk yang bernilai tambah.

2.   Masyarakat desa memiliki minat dan semangat dalam bersekolah hingga kejenjang yang lebih tinggi.
3.      Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pembinaan kreatifitas untuk meningkatkan kemandirian.
4.   Turut membantu dalam meningkatkan pemahaman dan kontribusi pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penelitian.

Pelaksanaan program ini dapat memudahkan pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat utamanya desa lengkong sendiri. Desa ini sangat membutuhkan perhatian lebih untuk proses pengembangannya, sebab penghasilan rata-rata masyarakat hanya berkisar 15.000 per harinya. Penghasilan tersebut jika dirata-ratakan tidak berbanding lurus dengan potensi komoditi yang ada yaitu tembakau, kopi dan padi. Potensi alam tersebut jika dikelolah dengan menajerial yang baik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui program Realita inilah nantinya diharapkan dapat memberikan sumbangsi berupa peningkatan kualitas SDM untuk mengelolah potensi lokal yang telah tersedia.

     Kehadiran ILP2MI dalam perogram pengabdian dan aplikasi riset kedepannya akan melakukan pembinaan terhadap desa secara kontinu yang ditindak lanjuti oleh UKM Pelita Universitas Jember. Program kegiatan yang akan dilaksanakan di Dusun Lengkong ini yaitu: 

      1. ILP2MI Mengajar merupakan program untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam melanjutkan   studi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar kesejahteraan masyarakat kedepannya dapat dicapai melalui pengelolaan sumber daya alam secara mandiri oleh masyarakat setempat.
     2.      Gerakan 1000 buku merupakan gerakan penambahan keloksi buku perpustakaan sekolah agar minat baca siswa bisa meningkat melalui bertambahnya buku-buku tersebut.
     3.      Pelatihan Guru merupakan program untuk melatih keterampilan guru dalam mengajar dan memotivasi siswa untuk meningkatkan semangat belajar anak.
    4.      Pelatihan Pembuatan Kompos merupakan salah satu program untuk membantu masyarakat dalam memanfaatkan libah ternak mereka menjadi kompos, hal ini bertujuan untuk menciptakan masyarakt yang mandiri dan kreatif.
    5.      Pembibitan buah naga, pare dan sawi untuk membantu masyarakat dibidang pertanian sebagai upaya pemanfaatan potensi lokal.

Program-program tersebut merupakan program yang telah dirumuskan sesuai dengan kondisi masyarakat yang ada, seperti kondisi masyarakat yang melibatkan anak dalam pengelolaan kebun secara berlebihan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, sehingga banyak anak tidak masuk sekolah karena ke kebun membantu orang tua yang mengakibatkan penurunan motivasi belajar anak, padahal sejatinya anak merupakan aset yang berharga jika mereka diberikan pendidikan secara layak. Kehadiran ILP2MI merupakan salah satu langkah awal untuk membuka cakrawala berfikir anak dan orang tua dalam memberdayakan potensi SDM untuk kemajuan desa Lengkong dalam jangka waktu yang panjang nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar