Kamis, 28 Maret 2013

KITA DAN INDONESIA YOUTH FORUM 2013


KITA DAN INDONESIA YOUTH FORUM 2013

IYF di mata kita

Ada banyak jenis kegiatan kepemudaan yang dapat kita hadiri, salah stunya adalah IYF ini. IYF merupakan salah satu program yang dapat mengumpulkan pemuda diseluruh indonesia untuk saling berbagi kisah dan cerita bagaiman pemuda itu bisa memperbaiki indonesia dimulai dari hal-hal yang kecil. Tidak perlu kita turun kejalan berteriak-teriak apalagi merusak fasilitas umum, tapi kita bisa memperbaikinya melalui action nyata, Talk more do more.

Tiap hari kita mengecam pemerintah yang tidak pernah menghilangkan kemiskinan di Indonesia, tiap hari kita mengecam para koruptor, tapi sadarkah kita jika pemuda menjadi bagian dari permasalahan tersebut. Pemuda seyogyanya sosok pembaharu, agen of change, artinya jika problematika negara belum berubah, keberadaan pemuda dipertanyakan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan pemuda untuk menyelesaikan masalah tersebut misalnya pengentasan kemiskinan melalui pendidikan pembinaan kemandirian masyarakat dengan mengajarkan mereka berbisnis, menambah kreatifitas mereka melalui kerajinan tangan, dan mendidik mereka untuk hidup mandiri. Mengentaskan korupsi bisa dimulai dari diri kita, lingkungan kita, giat mensosialisasikan gerakan anti korupsi dan pembinaan pendidikan anti korupsi sejak dini.


Inilah poin penting yang paling menarik dari indonesia youth forum, mengajarkan kita untuk membuka mata jika ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengubah indonesia, dan menyadarkan kita jika perubahan ada di tangan kita sebagai pemuda, sebab pemuda itu adalah kita, so we must stand up, speak up and teka action.

Saya dan IYF

Menjadi delegasi dari kegiatan kepemudaan seperti ini jelas menarik perhatian banyak pemuda lainnya, hanya saja dari 1000 pemuda mungkin hanya beberapa saja yang mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan tersebut, salah satunya adalah saya. Dari setiap tahapan seleksi ada saja hal-hal kecil yang menjadi bahan review bagi saya, dimulai dari:

Tahapan Pendaftaran : usahakan fokus untuk mengisi formulir, jangan sukanya tabur tuai, maksudnya semua kegiatan kepemudaan ingin diikuti, tidak ada salahnya sih, hanya saja bagi kamu yang baru pemula dalam mendaftarkan diri bisa mengganggu konsentrasi kalian dalam mengisi formulir sehingga hasilnya panitia bisa saja tidak tertarik membaca formulir tersebut.

Ngisi formulir; harus jelas maksud dan tujuan mengikuti kegiatan tersebut, jadi sebelum ngisi formulir harus tau dulu peserta yang diinginkan oleh EO nya, usahakan kalian menjelaskan diri kalian tanpa mengurangi esensi dasar potensi kalian. Cara menyajikanpun harus benar-benar menjual artinya, jelaskan siapa kalian dengan mendeskripsikan secara rinci dan elegan sehingga pembaca tertarik dengan anda, jangn lupa tonjolkan sisi kepribadian dan pengalaman anda.

Sosial Project; sesuai dengan sasaran, mudah dan aplikatif, yang terpenting sesuai dengan yang dibutuhkan oleh EO nya dan tema kegiatan.

Wawancara: serius dan menguasai isi formulir yang sudah kalian kirimkan diawal, jika interviewer menanyakan sosial project kalian, jelaskan dengan rinci dan menonjolkan pada sisi urgensi pelaksanaan program dan output yang ingin dicapai. Menjawab pertanyaan tanpa ragu dan yakinkan interviewer jika anda benar-benar layak dipilih menjadi peserta atau delegate kegiatan tersebut. Jangan lupa pastikan signal dalam kondisi stabil sebab itu bisa menghambat proses interview, akibatnya bisa fatal loh, jangan sampai poin penting dari wawancara tidak tersampaikan secara maksimal (pakai skype agak repot dikit sih :)

DOA: merupakan poin terpenting

(ini resep ala mudrikah, yang dirangkum sesuai dengan pengalaman saat mendaftar di IYF 2013, selamat mencoba.. ni resep dosis tinggi loh)

Kegagalan merupakan guru yang paling berharga dalam hidup, sebab kegagalanlah yang mengajarkan kita untuk berhasil, tidak salah ketika orang-orang mengatakan jika kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, ini bukan hanya sebatas alaibi bagi mereka yang gagal, tapai ini adalah langkah awal untuk memperbaiki kesalahan dan menjadi pemenang, karena untuk menjadi pemenang Allah akan memeilih bagi mereka yang layak. Artinya kegagalan adalah cara Allah untuk melayakkan hambanya untuk menjadi pemenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar